Minggu, 27 Oktober 2013

Pengenalan Komputer

Diposting oleh Indah Permatasari di 19.36

ASAL KATA KOMPUTER

  •Komputer (computer) diambil dari computare (bhs latin) yang berarti menghitung  (to compute atau to reckon).

  •Kata computer semula dipergunakan untuk menggambarkan orang yang  perkerjaannya melakukan perhitungan aritmatika, dengan atau tanpa alat bantu,  tetapi arti kata ini kemudian dipindahkan kepada mesin itu sendiri. 

PENGERTIAN KOMPUTER

          Komputer adalah sekelompok alat elektronik yang terdiri atas perintah input, alat yang mengolah input, dan peralatan output yang memberikan informasi serta bekerja secara otomatis.

SEJARAH KOMPUTER

   Seorang insinyur Harvard yang bekerja di IBM berhasil membuat sebuah kalkulator elektronik dengan ukuran setengah lapangan bola.

  Perkembangan komputer lain adalah Electronic Numerical Integrator and Computer (ENIAC).

GENERASI KOMPUTER

      Generasi Pertama (1946-1959)

Tabung hampa udara sebagai penguat sinyal, merupakan ciri khas komputer generasi pertama. Pada awalnya, tabung hampa udara (vacum-tube) digunakan sebagai komponen penguat sinyal. Bahan bakunya terdiri dari kaca, sehingga banyak memiliki kelemahan, seperti: mudah pecah, dan mudah menyalurkan panas. Panas ini perlu dinetralisir oleh komponen lain yang berfungsi sebagai pendingin .


      Generasi Kedua (1959-1964 )

Transistor menggantikan kedudukan vacuum tube dalam menyimpan dan melakukan proses informasi. Transistor bentuknya lebih kecil, tidak begitu panas dan mengkonsumsikan sedikit tenaga. Ukuran penyimpanan berkapasistas sebesar 32 kb dengan kecepatan 20.000-30.000 perintah per detik.

·        Generasi Ketiga (1964-1970)
Intergrated circuit (IC) sudah mulai digunakan pada komputer. Ukuran penyimpanan berkapasitas 2 megabyte dengan kecepatan +/- 5 juta perdetik. Generasi ini pula yang memperkenalkan teknologi software yang mudah digunakan.

·        Generasi Keempat
Komputer generasi keempat memiliki ciri bahwa komponen yang digunakan sudah beribu-ribu IC (Integrated Circuit) yang dijadikan dalam sebuah chip yang disebut dengan LSI (large Scale Integration) atau disebut juga denga n Bipolar large Scale Integration (BLSI). Juga telah dikembangkannya microprocessor dan semiconductor yang berbentuk chip untu memori komputer.

·        Generasi Kelima
Pada tahun 1990-sekarang. Komputer telah menggunakan teknologi”Very Large-Scale Integrated Circuits (VLSIC). Dalam sebuah chip, teknologi ini mampu menampung jutaan circuit. Chip ini dinamakan dengan microprocessor. Ukuran penyimpanan mempunyai kapasitas yang besar dengan kecepatan jutaan perintah perdetik.

JENIS-JENIS KOMPUTER

          Literature terbaru menggolongkan computer berdasarkan empat hal, yaitu data yang diolah, penggunaan, bentuk dan ukuran dan generasi.

1)     Menurut Data yang diolah
      Komputer Analog
      Komputer Digital
      Komputer Hybrid

2)     Menurut Penggunaan
      Komputer untuk tujuan Khusus (special purpose computer)
      Komputer untuk tujuan Umum (general purpose computer)

3)     Menurut Bentuk Dan Ukuran
      Supercomputer
      Mainframe compute
      Minicomputer
      Workstation computer
      Micro computer/personal computer (PC)

0 komentar:

Posting Komentar

 

Wonderfull of my life ✿ Copyright © 2012 Design by Antonia Sundrani Vinte e poucos